Festival Danau Kerinci 2018

md.716.641.ev1515942494

Pemerintah Kabupaten Kerinci pada tahun ini akan kembali menggelar Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) 2018 yang akan diselenggarakan pada tanggal 3 – 7 Oktober 2018 di Kawasan Wisata Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Acara tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-17 kali diselenggarakan dan telah masuk dalam agenda pariwisata nasional.

Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) atau yang lebih dikenal dengan festivalnya masyarakat Kerinci merupakan acara tahunan masyarakat Kota Sungai Penuh dan Masyarakat Kabupaten Kerinci, bahkan masyarakat yang masih memiliki hubungan sejarah dan emosional dengan Kerinci, yang dikenal dengan masyarakat Melayu Kerinci, secara prinsip memiliki makna kesatuan budaya, kesatuan ekologi dan ekonomi.

Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) 2018 diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci dan didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Provinsi Jambi dan Kementerian Pariwisata dengan maksud meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan keindahan alam Danau Kerinci dan para stakeholder dalam mengembangkan potensi pariwisata Danau Kerinci. Selain itu, Acara ini juga menjadi ajang promosi untuk memperkenalkan keindahan Danau Kerinci ke seluruh dunia sehingga dapat menjaring lebih banyak wisatawan untuk mengunjungi Danau Kerinci.

Untuk memeriahkan acara nasional ini, panitia Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) 2018 akan menampilkan pawai budaya, tarian massal, lomba parno adat dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kerinci, stan kuliner serta pertunjukan dan lomba seni. budaya.

Dalam pertunjukan seni dan budaya akan menampilkan Tari Rangguk Tradisi, lomba tari kreasi, lomba berbalas pantun, lomba mengaji adat Kerinci, lomba sike rebana dan fashion show antar MAN, SMA, mahasiswa, dan sanggar se-Kabupaten Kerinci.

Menurut ahli geologi, Danau Kerinci merupakan bagian dari lembah di Gunung Kerinci. Lembah ini kemudian terbentuk sebagai letusan kecil yang disebabkan oleh gunung berapi dan terjadi penurunan Pegunungan Bukit Barisan.

Danau Kerinci membentang 4.200 hektar dan mencapai kedalaman 110 meter. Sejumlah peninggalan batu megalitik telah ditemukan di desa-desa kecil yang tersebar di sekitar pantai Kerinci, beberapa di antaranya berasal dari 2.000 tahun yang lalu. Kehadiran batu berdiri kuno ini menunjukkan daerah ini sebagai tempat yang telah dihuni ribuan tahun.

Selain pemandangan yang sangat menawan, danau ini juga berfungsi sebagai salah satu sumber air di Kabupaten Kerinci dan Provinsi Jambi. Air di danau mampu memasok kebutuhan air masyarakat, baik untuk kebutuhan pertanian maupun air minum.

Danau Kerinci terletak di Lembah Kerinci, sekitar 16 kilometer dari Sungai Penuh. Dua kota terdekat ke Sungai Penuh, ibu kota Kabupaten Kerinci, adalah Jambi dan Padang.

Perjalanan menuju ke Sungai Penuh dari kota Jambi memakan waktu sekitar 10 jam dengan mobil dengan jarak tempuh sekitar 500 km. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kendaraan umum atau mobil sewaan. Bandara Jambi hanya melayani Jakarta dan Batam.

Rute alternatif melalui Padang jauh lebih cepat, dengan jarak tempuh kurang dari 300 kilometer. Sungai Penuh dapat dicapai menggunakan transportasi umum, penyewaan mobil atau mobil pribadi, dan memakan waktu antara 5-6 jam.

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s